SELAMAT TAHUN BARU 2009 M


Berbagai jalan telah banyak yang dilalui dalam tahun 2008, sekarang kita sedang menyongsong tahun baru 2009, yang terhampar berbagai jalan dihadapan.

Berbagai hal yang dalam kehidupan kita yang menjadi bagian dari hidup di tahun 2008, hanya terucap rasa syukur telah dilalui hingga masih diberi kesempatan mengarungi tahun baru 2009, dengan harapan lebih baik dan semakin memantapkan pada jalan lurus.

Sebagai ungkapan ucapan selamat tahun baru 2009 M kepada semua, dengan mengirimkan foto tanaman di bawah ini sebagai hadiah bagi semua, yang merupakan tumbuhan Kantung Semar (nephentes) yang tumbuh di salah satu sudut halaman rumah kami. Tumbuhan ini termasuk jenis tanaman unik, bersifat karnivora, mempunyai keanekaragaman yang tinggi, bentuk kantung yang eksotik dan banyak ragamnya.

kantung-semar-02

Kantung semar termasuk tanaman yang mampu bertahan dalam kondisi lahan yang miskin unsur hara,  karena memang beradaptasi dengan kondisi lingkungan melalui kantungnya untuk mendapatkan asupan untuk bertahan hidup; seperti serangga yang masuk dalam kantungnya.  Kemampuannya untuk mencerna serangga (carnivorous plant) yang berfungsi sebagai pemasok unsur hara, selain yang diserap melalui akar.

Kalimantan terdapat (yang baru diketahui) 34 spesies Kantung Semar, paling banyak di Indonesia. Tanaman ini  dapat hidup pada berbagai habitat, dari pantai, gunung kapur dan hutan lebat, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi, baik tempat yang subur maupun yang miskin unsur hara ataupun di puncuk pohon. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang dilindungi karena termasuk langka.

Tanaman ini kemungkinan berasal dari Asia Timur,  banyak terdapat di Asia Tenggara yang hingga saat ini tercatat ada 86 spesies, dan 53 spesies diantaranya terdapat di Indonesia yang menyebar di beberapa pulau.

Mungkin, kemampuan tanaman Kantung Semar berhadapan dengan kondisi alam dapat menjadi pelajaran, untuk selalu mensyukuri hari-hari yang telah dilalui dalam kondisi apapun, dan juga bersiap melangkah masuk tahun 2009 M.

Selamat tahun baru 2009 M. Damai dalam dunia yang sama, yang masing-masing mendapatkan kebahagiaan yang terkadang dengan cara dan bentuk kesedihan dan kehilangan. Syukur bersyukur menyukuri syukur atas semua yang telah terjadi, dengan tetap berharap kedamaian dalam dunia yang satu.

6 Responses

  1. semoga lebih baik dari tahun yang lewat, amiennnnnnnn

    ***Ya … sama-sama, amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  2. Selamat datang 2009

    br;

    Pututik

    ***Selamat datang Pututik. Terima kasih telah mampir. Tahun 2009 semoga lebih baik.

  3. Selamat datang 2009.
    dan sepakat, damailah dunia yg cuma satu-satunya dan cuma sekali-kalinya di dunia ini🙂

    n.b.
    fotonya keren Pak Ben. mantap.

    ***Terima kasih atas mantapnya. Bersama menyambut kedatangan 2009, semoga damai menyertainya.

  4. Marilah kita ajak bangsa Indonesia menyambut tahun baru 2009 dengan prihatin dan tawakal.

    Marilah dengan tetap optimis kita tatap masa depan dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh, bekerja keras melanjutkan perjuangan membangun masa depan yang cerah.

    ***Ya … tetap optimis

  5. Selamat tahun baru juga! Semoga bertambah sejahtera!

    Terima kasih photo “Kantong Semar”. Omong-omong bunga tersebut termasuk jenis anggrek?

    ***Kantung Semar tidak termasuk jenis anggrek, masuk keluarga nephentes. Tanaman ini ada yang mempunyai kantung yang besar hingga dapat mengapungkan cicak. Warnanya dan bentuknya juga bermacam-macam, gambar di atas termasuk jenis Reflesiana.

  6. Assalaamu’alaikum…

    Salam pertemuan di laman saudara yang memberi inspirasi tentang tanaman dan tumbuhan. Tentang “Kantong Semar” tersebut, di Malaysia namanya “Peruik Kera.

    Pokok Periuk Kera merupakan sejenis pokok herba. Ia mempunyai nama sainsnya Nepenthes spp. .

    Pokok Periuk Kera biasanya tumbuh di tanah berasid, tidak subur, kekurangan nitrogen. Pokok Periuk Kera merupakan pokok maging yang memerangkap serangga dalam periuknya untuk membekalkan sebahagian dari nitrogen yang diperlukannya.

    Kata orang tua dulu-dulu…. bahawa air yang terdapat didalam periuk kera ini dikatakan berkhasiat untuk mengekalkan kesihatan mata. Akarnya digunakan untuk mengubat penyakit semput atau athma.. Belum pasti lagi.

    Salam persahabatan dari UKM, Bangi. Oh yah..Terima kasih atas kunjungan dari saudara ke blog saya. Segala ideanya amat dihargai.

    LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI
    http://websitifatimah.wordpress.com/

    ***Waalaikum salam ya SFA …
    Terima kasih mau mampir, anggap saja seperti di rumah sendiri.
    Memang, tiada yang sia-sia, hanya saja kita yang masih belum mengetahuinya. Ada yang meyakini Periuk Kera berkhasiat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: