TETANGGA DEKAT


Selain tetangga rumah  sesama manusia, juga ada tetangga dekat yang mempunyai “rumah” di sekitar kita, mereka mempunyai teknologi sendiri untuk membangun rumahnya.  Kalau cecak dapat dikatakan serumah dengan kita, begitu juga tikus besar yang berada di atas plafon, yang tanpa disadari kita telah berbagi tempat tinggal. Terkadang serombongan semut juga memanfaatkan rumah kita, yang sebagiannya dengan tanpa bersalah merasa berhak menikmati  minuman atau makanan  manis kita, ada juga semut yang senang dengan makanan yang berasal dari hewan; semut merah yang dengan cepat berkumpul jika ada tulang ikan atau ayam yang dibuang.

Untuk lalat, mereka lebih senang berkumpul di tempat sampah. Namun, terkadang mereka juga masuk rumah, apalagi bila bau masakan seakan telah mengundang mereka untuk datang ke dalam rumah.

Karena sering ketemu dengan binatang yang satu ini di halaman  rumah, maka terpikir untuk memfotonya. Saat ada kesempatan, beginilah foto dia yang dapat diabadikan, karena sepertinya ia tidak begitu ingin di foto.

Bunglon ... melihat untuk segera pergi

Bunglon ... melihat untuk segera pergi

Bunglon ini masih muda, karena sebelumnya pernah bertemu dengan yang lebih besar atau ada juga yang lebih kecil.

Sedangkan, binatang yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai, karena mereka mempunyai rumah berupa jaring yang cukup besar di pohon. Laba-laba ini seperti mempunyai muka, atau topeng, yang lebih tenang dan senang menunggu, karena sudah membuat jaring yang cukup untuk menangkap mangsa. Beginilah dia.

Laba-laba menunggu dengan tenang ... siap panen

Laba-laba menunggu dengan tenang ... siap panen

Untuk yang suka terbang, Capung merah ini cukup menarik. Ada beberapa jenis, tapi Capung ini yang punya kesempatan untuk difoto.

Capung merah ... siap terbang

Capung merah ... siap terbang

Ternyata, begitu banyak tetangga dekat, yang dapat memberi warna khusus dan berbagi dalam beberapa hal.  Mereka cukup dekat, yang terkadang tidak kita hiraukan. Mereka mempunyai kehidupan sendiri.

Dengan sebuah pohon yang ada di halaman rumah, ada berapa banyak makhluk yang dapat menjadi tetangga dekat atau tetangga jauh yang sekali-kali mampir. Burung ada yang menjadi tetangga dekat dengan membangun sarangnya dan ada juga hanya sekedar berkicau lalu pergi.

5 Responses

  1. tapi, bgm bila anjing tetangga galak?

    HEB : Ha ha ha … mudah-mudahan saja tidak bebas berkeliaran. Tapi, kalau galak saja kan tak mengapa, asal jangan menggigit ha ha ha

  2. Memungut makna dari ciptaan Allah … tetangga dekat adalah guru kehidupan

    HEB : Ya, mencoba memungut makna.

  3. Hem. Menarik sekali. Terkadang mereka memang tak dinilai keberadaannya. Apalagi hidupnya. Saya belum pernah ketemu bunglon. Di rumah saya yang ada hanya keseblasan kucing terlantar.

    HEB : Hihi … kesebelasan kucing terlantar, rame juga, dan kucing kalau tidak salah adalah hewan yang setia pada tempat. Tapi, hati2 aja kalau kucing bisa jadi bunglon ha ha ha

  4. ah, senangnya memiliki tempat tinggal yang ramah semesta begini. semua makhluk boleh singgah, termasuk makhluk halus kali ya? hihi…

    yang paling menyenangkan dari kebersamaan seperti ini adalah kedekatan penghuni rumah dengan alam. ah, kebayang deh nyamannya…

    HEB : Ha ha ha … ya, mungkin makhluk beda dimensi juga termasuk, hihi … paling tidak tiap pagi masih ada burung yang bernyanyi bebas di pepohonan. Coba aja tanam pohon satu saja di halaman rumah, cepat atau lambat ada burung yang mampir dan bahkan membuat sarang hahaha …..

  5. tetangga dekat???
    hmm,, saya kadang malah sering tidak menghiraukan kehadiran mereka…

    wahh,, benar juga ya Pak, kehadiran mereka padahal bisa jadi indikator kebersihan, kekotoran, dan kenyamanan tempat tinggal kita.

    HEB : Ya, indikator kehidupan, yang terkadang terabaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: