HARI BUMI 2009


Peringatan Hari Bumi (Earth Day) setiap tanggal 22 April, dapat dijadikan dorongan untuk memperkuat komitmen kasih sayang pada bumi yang merupakan bagian dari kehidupan kita sendiri. Bagaimana mendorong komitmen bersama untuk selalu menjaga dan merawat bumi, yang perlu menjadi kesadaran bersama, karena semuanya terkait satu dengan yang lainnya.

Sebagai bagian dari bumi ini, dan sebagai seseorang yang mempunyai kesadaran yang juga merindukan kasih sayang, tentu sepaham atau believing that the ignorance, neglect, or contempt of the rights of the Earth are the sole cause of environmental destruction and social unrest, sebagaimana yang dipahami dan dipercayai oleh gerakan The Green Generation.


Gerakan The Green Generation mengajak siapa saja untuk terlibat dan berpartisipasi, tak membedakan usia dan gender, kebangsaan atau negara, dan keyakinan untuk bergabung dalam gerakan ini. Di bawah ini adalah sebagian dari The Green Generation Manifesto, yang mengajak kepada semua orang untuk berkomitmen terhadap tanggungjawab bersama dalam merawat dan menjaga bumi.

The Green Generation Manifesto

1. I will be an active citizen.
I will vote on behalf of the Green Generation every chance
I will ask my representatives to join the Green Generation
I will seek out peaceful methods to halt the use of coal

2. I will transform my immediate environment.
I will contribute to greening my school
I will contribute to greening my home
I will contribute to greening my workplace

3. I will stay informed and inform others.
I will recruit 5 people to join the Green Generation
I will educate myself on the environmental concerns of our time
I will educate others on the environmental concerns of our time

4. I will consume wisely.
I will eat local, sustainable, humane, and organic food when possible
I will carpool, use public transit, walk or bike whenever I can
I will buy green, energy efficient products when possible

Mungkin hanya hal kecil dan tak begitu terlihat apa yang bisa kita lakukan, tapi bila itu suatu perbuatan yang penuh kasih sayang pada bumi, maka yakinlah bahwa itu sangat berarti bagi bumi dan sistem yang lebih besar karena kita memang bagian dari itu.

I will disavow the culture of excess that shapes our society. Today I pledge to lead the way in a clean, just, and sustainable society. I will start by reducing my carbon footprint, and greening my life in any way I can. The Green Generation begins with me as an individual, but I recognize that it is my duty to spread our new way of life to any and all willing to hear its message. (The Green Generation Manifeso).

Jangan sampai semakin banyak bagian dari bumi ini yang mengarah pada kepunahan, seperti Macan Dahan Kalimantan atau binatang lainnya yang dulunya mempunyai “rumah” hutan, sekarang sudah hampir punah karena kehilangan tempat tinggal yang menjamin kedamaian dan berkecukupan dalam menopang kehidupannya.

Macan Dahan .... terkadang masih terlihat (Sumber Foto: www.matabanua.com)

Macan Dahan Kalimantan .... terkadang masih terlihat (Sumber Foto: http://www.matabanua.com)

Selamat Hari Bumi 2009, mari transform what is now green and sustainable into the ordinary, everyday, status quo of global societies dan sebagai upaya yang sungguh-sungguh untuk push hard for singular goal – a clean, just, and sustainable future for everyone.

13 Responses

  1. Selamat Hari bumi, Semoga bumiku tetap layak disebut bumi. Tanah untuk dipijak, sungai penyegar hati, hutan oksigen nan sejuk, manusia yang ramah lingkungan

    HEB : Yap, semoga bumi yang satu ini tetap layak sebagai tempat kehidupan.

  2. Bumi kita telah tua, lebih tua dari usia ambisi orang-orang yang menganiayanya. Akan tetapi, sayang mereka yang memiliki ambisi itu sama sekali tidak menghormati bumi yang telah berusia tua. Sedih….

    HEB : Kepedulian bersama yang bisa menumbuhkan kasih sayang pada bumi, dan menghapus kesedihan, semoga saja.

  3. Hari bumi aku nanam kangkung dengan pupuk dari sampah rumah tangga yang membusuk yang sudah aku tumpuk selama musim gugur & dingin lalu. Semoga bisa tubuh di teras betonku yang secuil ini.

    HEB : Yap, keren Mba. Kangkung Paris namanya ha ha ha … yang jelas tidak ada salahnya mencoba, semoga bisa tumbuh dan bisa dipanen.

  4. Hari bumi, ya,,, semoga saja tidak sekedar sebuah peringatan saja, tapi semua disertai bukti nyata untuk bisa merawat dan menjaga bumi tetap asri, indah dan udaranya segar bebas polusi

  5. Mari berbuat …mulai dari diri dan lingkungan terkecil … selamat kampanye Mas Ben

  6. Ass.

    Selamat hari bumi buat kita semua, kita harus jaga bumi kita. kita gak mungkin pindah ke planet lain karena hanya bumi yg memungkinkan adanya kehidupan.

    Bumi yang diciptakan sedemikian kompleksnya tanpa kita bisa memikirkannya,kenapa kita rusak. Aku sangat bangga karena hari ulang tahunku selisih sehari dengan hari bumi. akan aku jaga bumiku seperti aku menjaga diriku…

  7. the problem about global warming is that we think other people will solve it. in fact, we are all in this together!

    mudah-mudahan hari bumi tak sekadar slogan, tapi semangat hijau ini kita aplikasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

    let’s reduce our carbon footprints!

  8. Kerana itulah saya mencintai bumi saya ini. Hanya inilah satu-satunya tempat yang Allah swt berikan untuk manusia tinggal. Tiada yang lain selain bumi. Maka wajiblah kita untuk memulihara dan memelihara bumi agar generasi akan datang berbangga dengan komitmen kita terhadap bumi.

    Teringat tulisan Tuan Ersis dalam bukunya Menulis Mari Menulis dalam Bab V: CANDA ABAD XX11. Begitu sinis dan sepatutnya kita malu…andai generasi akan datang menyesali perbuatan kita kini yang tidak merawat bumi untuk mereka hidup tenang pada masa depan.

    Salam hormat. SELAMAT HARI BUMI.

  9. Banyak cara yang dapat kita lakukan agar apresiasi kita pada bumi terus lestari. salah satunya focus on inspiring young people untuk peduli dengan Planet bumi.
    Kita yang dewasa Salah satunya adalah dengan melihat semua yang ada disekitar kita dan bertindaklah….”SEBERAPA HIJAUKAH RUMAH KITA.”

  10. kemarin saya nonton tayangan tentang “air” yang terus berkurang setiap tahunnya di permukaan bumi karena terus dieksploitasi manusia, di metro tv. juga tentang seorang peremuan pecinta alam dari perancis yang memperjuangkan agar sungai… (saya lupa namanya) di prancis tetap dipertahankan keliarannya dari ancaman dam dan ekses negatifnya, karena ia merupakan mata rantai yang panjang bagi keberlangsungan banyak spieses yang hidup di sana. dan bagaimana di beberapa negeri di timur tengah sana orang sangat harus berhati-hati menggunakan air karena keterbatasn ketersediaannya, sementar di las vegas yang kering, orang-orang membazirkan air semaunya, sehngga yang berkepentingan thd perekonomian di sana harus mengambil air ke mana2 (sumbernya) sampai harus “mencuri” sumber orang lain. ngeri sekaligus terenyuh menyaksikan itu semua; ini hanya masalah air dan kita begitu rakusnya…. sedihnya!

  11. saya hanya bisa menyirami halaman saya hari ini.

    selamat hari bumi! semoga keinginan kita yang banyak tak mempercepat kerusakannya…

  12. sepertinya bukan hanya macan dahan kalimantan saja yang kehilangan tempat,,,
    tapi Bekantan ‘si pemalu dari kalimantan’ yang jelas2 menjadi maskot banua kita,,, sampai sekarang ulun belum pernah melihatnya, walau sudah mengitari pulau Bakut.

    Selamat hari bumi,, save our world!!!

    minta ijin buat ngelink web pian diblog ulun ^_^ ,, tq

    HEB : Memang bukan hanya macan dahan … ada Bekantan dan lainnya. Silakan saja dilink, tambah jaringan.

  13. aku nggak tahu kalau di Kalsel, tapi di Kaltim hutan dah parah Mas. Aku lima tahun disana dan sering menyaksikan sisa2 belantara tanpa mimik kehidupan lagi. Bagaimana Borneo salah satu paru2 dunia ini. Masih akan selamatkah?

    HEB : Harapan harus selalu ada, apalagi semua bisa menanam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: