JALAN UMUM UNTUK KEPENTINGAN KHUSUS (HUT OTDA XII SEMBUNYIKAN TRUK BARA DARI JALAN UMUM)


Oleh: HE. Benyamine


Dalam rangka HUT Otonomi Daerah (Otda) XII, Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tuan rumah, tentu sudah mempersiapkan diri untuk menjamu para tamu, termasuk tamu istemewa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berbagai persiapan telah dilakukan Pemkab Tanbu, karena begitulah keadaban menjadi tuan rumah, dengan harapan dapat memuliakan para tamu yang akan datang.  Seolah Tanah Bumbu berada dalam pusaran arus, yang beberapa saat menyedot segalanya untuk diarahkan pada hajatan tersebut. Sehingga, untuk sementara HUT Otda XII mampu menyembunyikan truk batu bara dari jalan umum.

Aktivitas pengangkutan batu bara yang biasanya memadati jalan umum, untuk sementara berhenti beroperasi, karena bila tetap berlalu lalang di jalan umum dianggap dapat mengganggu. Penghentian aktivitas pengangkutan batu bara di jalan umum ini merupakan kesadaran dari para pengusaha sendiri, mereka hanya ingin menunjukkan kepedulian terhadap hajatan yang sedang diselenggarakan untuk dapat terlaksana dengan sukses, apalagi presiden juga datang. Betapa pentingnya para tamu, termasuk presiden, sehingga para pengusaha bersedia menanggung kerugian yang tidak sedikit karena menghentikan aktivitas pengangkutan tersebut.  Selama ini, aktivitas pengangkutan batu bara di jalan umum, yang sebenarnya menggunakan modal sosial masyarakat dan bahkan mengganggu fungsi jalan, begitu tak perdulinya terhadap kebanyakan masyarakat Tanah Bumbu khususnya dan Kalsel umumnya.  Tamu adalah raja, yang sedapat mungkin mendapatkan pelayanan yang prima.

Masyarakat Kalsel, yang setiap hari dihadapkan dengan gangguan fungsi jalan oleh aktivitas pengangkutan batu bara, diharuskan menerima kenyataan bagaimana pemerintah begitu berpihak pada kepentingan segelintir orang dengan kebijakan mengizinkan penggunaan jalan umum untuk aktivitas pengangkutan batu bara. Kepentingan umum tidak lebih penting dari kepentingan khusus, sehingga jalan umum disamakan dengan jalan khusus. Sebagian besar masyarakat sangat merasakan bagaimana gangguan fungsi jalan yang sangat mengganggu aktivitas kehidupan mereka, bagaimana salah satu modal sosial masyarakat yang sangat vital terus digunakan untuk kepentingan khusus. Dalam beberapa hari, dalam rangka HUT Otda XII di Tanah Bumbu sebagai suatu kepentingan khusus, masyarakat dapat merasakan bagaimana kehidupan mereka menjadi terasa tenang dan tentram, bagaimana mereka dapat merasakan tidur tanpa harus terganggu oleh kebisingan armada truk yang menderu mengejar setoran, karena aktivitas pengangkutan batu bara sedang menghilang dari jalan umum.

Mengapa saat hajatan HUT Otda XII, yang juga dihadiri presiden, para pengusaha pengangkutan batu bara menghentikan aktivitasnya secara sukarela karena beranggapan lalu lalang truk bara bisa mengganggu? Asumsinya, tentu yang terganggu adalah presiden dan tamu lainnya. Sedangkan sebagian besar masyarakat Kalsel mungkin sudah dianggap terbiasa dengan gangguan fungsi jalan, yang tidak perlu dipedulikan kepentingannya terhadap pemanfaatan jalan umum sebagai modal sosial, yang sudah pasrah selalu menjadi korban dan dikorbankan untuk kepentingan khusus segelintir orang. Apalagi, presiden dan para tamu lainnya, hanya beberapa hari berada di Tanah Bumbu, sehingga tidak layak mendapat suasana yang penuh gangguan lalu lalang truk batu bara. Mereka harus mendapat kesan yang baik tentang kabupaten hasil pemekaran ini, sehingga diupayakan segala sesuatu yang biasanya mengganggu aktivitas sebagian masyarakat untuk sementara disembunyikan sampai para tamu tersebut pulang.

Penghentian aktivitas pengangkutan batu bara untuk sementara, karena dianggap bisa mengganggu, sebenarnya menunjukkan bagaimana sesungguhnya penggunaan jalan umum untuk kepentingan pertambangan merupakan gangguan terhadap hidup dan kehidupan sebagian besar masyarakat selama ini. Hal ini merupakan pengakuan yang sebenarnya dari kalangan para pihak pertambangan bahwa pengangkutan batu bara menggunakan jalan umum  sebagai gangguan terhadap fungsi jalan. Namun sayang, karena kesadaran ini hanya ditujukan kepada keberadaan presiden dan para tamu yang bersifat sesaat, tidak menjadi sebagai suatu kesadaran bersama untuk kepentingan umum yang lebih luas. Pemkab Tanbu sesungguhnya sudah menyadari betapa mengganggunya truk batu bara di jalan umum, namun masih sanggup menggadaikan kepentingan umum dalam pemanfaatan jalan umum, tanpa berkepentingan dengan kebijakan Pemprov Kalsel yang mengizinkan truk batu bara, yang lepas tangan terhadap kebijakan yang mengabaikan sebagian besar masyarakat.

Presiden dan para tamu yang hadir dapat merasakan betapa tenang dan tak terganggu berada di Tanah Bumbu, khususnya oleh angkutan batu bara yang sedang bersembunyi, yang selama ini dan entah sampai kapan terus mengganggu dan melibatkan sebagian besar masyarakat Kalsel menjadi bagian dari usaha pertambangan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah seharusnya tahu dengan pemanfaatan jalan umum di Kalsel untuk kepentingan usaha pertambangan, meskipun saat kedatangan beliau armada batu bara menghilang dari jalanan. Usaha pertambangan tidak seharusnya melibatkan sebagian besar masyarakat dalam aktivitasnya, apalagi mereka yang tidak berkepentingan langsung dengan usaha pertambangan tersebut. Membiarkan hal ini terjadi, sama saja menghantarkan sebagian besar masyarakat Kalsel dalam keadaan rawan terserang berbagai penyakit, kesengsaraan hidup, dan bencana.

One Response

  1. membaca ini saya jadi mimpi kalau pemimpin kita itu ngeblog atau membaca tulisan-tulisan di blog-blog sebagai media di luar mainstream yang lugas dan jujur menyuarakan aspirasi rakyat. pasti tak ada kecurangan sekecil apa pun dari bawahannya yang akan luput dari pengetahuannya.

    HEB : Hahahaa … yang masalah kalau sebenarnya para pemimpin itu sudah tahu tentang hal seperti ini, tapi membiarkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: