COPAS UNTUK LOMBA


Sungguh terkejut dan tidak percaya, bila ada orang mengikuti suatu lomba penulisan dengan mengambil sebagian besar isi tulisan yang diikutsertakannya dari tulisan orang lain. Apalagi, menyertakan tulisan orang lain itu hanya dengan memindahkan paragraf demi paragraf secara berurutan.

Perbuatan mengambil tulisan orang lain dan diakui sebagai tulisan sendiri, sebelumnya sudah pernah terjadi, dan malah hanya mengganti nama dan merubah judulnya saja lalu mengirimkan ke koran dan ternyata dimuat. Saat membaca koran tersebut, karena tertarik dengan judulnya lalu membacanya, sejak paragraf pertama terasa seperti membaca tulisan sendiri dan setelah dilanjutkan baru sadar ternyata sama persis (copy pasta); memang tulisan sendiri yang berganti nama dan judulnya.

Beberapa hari yang lalu (awal Oktober), secara kebetulan sekali dan juga karena tertarik dengan tema dan judul tulisan, lalu membaca artikel Batubara, Jalan Raya serta Dampaknya yang dinyatakan sebagai Pemenang I LOMBA PENULISAN ARTIKEL “BATUBARA, JALAN NEGARA, DAN DAMPAKNYA” yang diselenggarakan WALHI Kalimantan Selatan dari situs http://www.jatam.org/content/view/924/1/. Setelah sampai pada paragraf ke-4 terasa seperti membaca tulisan sendiri. Melanjutkan membaca semakin yakin tulisan sendiri, dan ternyata paragraf selanjutnya itu memang sama persis (copy pasta) dengan tulisan saya sendiri yang pernah dimuat dalam rubrik Opini Koran Mata Banua pada tanggal 27 Oktober 2008 — dan juga sudah dipostingkan dalam blog ini  dengan judul LARANG TRUK BATUBARA LEWAT JALAN NEGARA (Pemprov Terkesan Memfasilitasi Pelanggaran UU). Memang masih ada tambahan paragraf dia sendiri.

Dengan membandingkan paragraf-praragraf Pemenang I Lomba Menulis tersebut dengan tulisan sendiri, dan ternyata benar sama persis, baru menyampaikan hal ini kepada contact person panitia lomba penulisan, agar penyelenggara lomba menyadari dan mengetahui adanya perbuatan nekad dan tak terpuji dari salah satu pemenang lomba tersebut. Panitia pelaksana berjanji akan menindaklajuti hal ini dan mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan.

Perbuatan ini tidak bisa dibiarkan oleh siapapun, apalagi peserta lomba ini khusus dari kalangan pelajar dan mahasiswa, yang merupakan harapan dalam perubahan, kepedulian, dan keberpihakan pada kepentingan umum. Perbuatan ini sangat melukai semangat lomba yang diselenggarakan sebagai bagian upaya memperjuangkan kepentingan sebagian besar masyarakat, khususnya masyarakat di Kalsel.

Dengan masih berharap terus berkarya, lebih baik Pemenang I yang bersangkutan membatalkan keikutsertaannya dan tidak menerima hasil lomba penulisan yang menetapkan dirinya sebagai Pemenang I, sebagai penghargaan dan penghormatan bagi penyelenggara lomba dan yang lebih penting menghargai diri sendiri. Atau, jika hal ini tidak dilakukan, panitia pelaksana yang bertindak tegas membatalkan keputusannya karena kemenangannya bersandar pada ketidakjujuran.

Semoga hal ini menjadi pelajaran dan dapat mengingatkan yang bersangkutan atas kekhilafannya. Dengan harapan tulisan ini bisa ditempatkan sebagai keinginan dan kecenderungan untuk saling ingat mengingatkan dalam kebaikan.

14 Responses

  1. ya ampun. plagiasi lagi. padahal dulu pun sudah pernah ada kejadian serupa. tapi pahitnya, kali ini justru diperlombakan.

    betul, mas heb. plagiasi sangat melukai semangat berkompetisi yang sehat. syukurlah sudah dilaporkan.

    ambil hikmahnya, mas. lain kali mas heb saja yang ikut berlomba. pasti kans untuk menang sangat besar. buktinya hasil plagiasinya menang juara pertama.

  2. Assalaamu’alaikum

    Membaca postingan saudara HEB tentang plagiat ini memang hal yang menyakitkan, apatah lagi ia adalah tulisan kita sendiri. tindakan saudara mempertahankan hak penulisan adalah hal yang baik dan melaporkannya merupakan tindakan yang tepat agar tidak berlaku lagi hal sedemikian pada masa akan datang dan patut diambil iktibar oleh sesiapa yang mahu berbat serupa pada masa akan datang.

    he..he… saya setuju deh dengan mbak Marsmallow agar saudara HEB sahaja yang ikut lombanya… tulisan saudara pun banyak dimuatkan di akhbar-akhbar kan… satu upaya yang menarik untuk terus maju dalam penulisan dan punya gaya fikir tersendiri dalam merongkaikan permasalahan warga di Banjarmasin. Salam hangat selalu.

  3. juara satu lagi ya, kenapa ga sampeyan aja mas ? wah perlu bagi-bagi tuh…

  4. wah perlu di beri pelajaran tuh,apalagi sampe ikut perlombaan segala

  5. Waduh..ikutan lomba koq copas seeeeeeh… nggak seru ah… kalau mau hadiah komentarin blognya pakde deh… (kidding)

    Untungnya panitia doyan baca jadi tahu mana yang sudah publish mana yang original ya… lihat deh koran2 di jambi kadang2 si kepala pemberitaannya nggak pernah cross check dari sebuah berita yg dimuat. Kejar oplah dan tayang… hasilnya isi berita serabutan nggak jelas. Tapi anehnya masih laku.

  6. semoga ada tindak lanjut dari pelaksana Pak Ben
    kemarin pelaksana telah menyampaikan akan menindaklanjuti persoalan tersebut.

    dan bagi pemenang tersebut… SAYA HARAP ANDA BACA KOMENTAR SAYA INI
    Jika Anda merasa bangga dengan kemenangan Anda, saya harap anda tak usah ikut lomba menulis apapun lagi, sekalipun lomba nulis tingkat RT…👿

    Namun jika Anda sadar bahwa itu salah, tentu adalah hak semua orang untuk memperbaiki diri dan tidak mengulanginya lagi.

  7. Menyedihkan memang … aku pilih pragraf terakhir Mas BEN

  8. Sepertinya saya juga pernah baca postingan mas Ben masalah jalan tambang tersebut.

    Semoga yang plagiat segera sadar, syukur-syukur kalau berani minta maaf secara langsung ke as Ben atau minimal melalui komentar ini. Ditunggu.

  9. Kalau benar apa yang dilakukannya luar biasa plagiat yang satu itu, menang karena tulisan orang lain yang diakuinya sebagai tulisannya sendiri.

    Tidak tanggung-tanggung, menangnnya langsung juara ! lagi..

    Semoga orang itu sadar, mengakuinya dan memohon maaf kepada anda atas kesalahan yang dilakukannya.

  10. Ada2 wae!
    Copas membabi buta kok diikutkan lomba.

  11. Oiya.. boleh kita saling bertukar blogroll ???

    HEB : Tentu saja boleh! Dengan senang hati tentunya.

    • Thanks, Pak HEB,
      Sudah saya tambahkan, Terima kasih.

  12. semoga mas bi cepat clear dan dibatalin tuh kemenangannya, tapis ecara tidak langsung ini membuktikan tulisan sampeyan bagus dan sangat berbobot mantap mas….

  13. I was just seeking this info for some time. After 6 hours of continuous Googleing, at last I got it in your site. I wonder what’s the lack of Google strategy that don’t rank this kind of informative sites in top of the list. Generally the top websites are full of garbage.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: