PESTA BLOGGER+2010 KALSEL: MERAYAKAN KEBERAGAMAN


Oleh: HE. Benyamine

Komunitas blogger Kalimantan Selatan, Kayuh Baimbai, menyelenggarakan kegiatan Mini Pesta Blogger+ Kalsel 2010 yang dipusatkan di Kota Banjarbaru. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pesta Blogger 2010 secara nasional dengan tema besarnya Merayakan Keberagaman yang akan dipusatkan di Jakarta pada akhir Oktober, sebagai bentuk kesadaran terhadap kenyataan dan keniscayaan adanya keberagaman baik secara individu maupun komunitas di dalam masyarakat yang harus menjadi pendorong untuk saling harga menghargai, hormat menghormati, dan tolong menolong. Keberagaman merupakan pondasi kepedulian dan ketersentuhan yang menyatakan adanya saling ketergantungan satu dengan yang lain, suatu harapan adanya kebajikan dan kemurahan hati untuk saling melengkapi dan menjaga dalam damai kehidupan bersama.

Kegiatan Pesta Blogger+ Kalsel 2010 sebagai rangkaian kegiatan secara nasional merupakan kegiatan penting untuk lebih memperkenalkan Kalsel dan juga Kota Banjarbaru ke media dunia maya yang tidak terbatas. Pemerintah daerah seharusnya memanfaatkan event kegiatan blogger ini sebagai bagian dari promosi daerah masing-masing dengan memberikan dukungan yang dapat lebih mengoptimalkan penyelenggaraan kegiatannya. Kota Banjarbaru sebagai tempat diselenggarakannya acara, tentu Pemko Banjarbaru menyadari akan pentingnya kegiatan seperti ini sehingga tidaklah berlebihan jika memberikan dukungan yang besar untuk turut serta mensukseskan acara tersebut.

Pada kegiatan ini diselenggarakan Blog Workshop (Blogshop) dan Kopdar bareng (Baruhuian), yang pertama diperuntukkan bagi para pelaku pendidikan untuk lebih mengenalkan media blog sebagai wahan berkarya dan pembelajaran dengan peserta terbatas dan yang kedua sebagai ajang merayakan keberagaman sebagai acara bebas untuk siapa saja berhadir dan apapun komunitasnya (Radar Banjarmasin, 30 September 2010: 9). Kegiatan ini akan lebih mengenalkan teknologi informasi (khususnya internet) dan media sosial kepada masyarakat dengan jalan positif, yang mengenalkan internet untuk kepentingan kemajuan dan kebersamaan, dan bagaimana pemanfaatannya untuk kebajikan bersama dalam keberagaman.

Begitu juga bagi pemerintah daerah, keberadaan para blogger dan komunitasnya harus dapat didekati sebagai bagian penting dalam gerak pembangunan daerah. Para blogger dan komunitasnya merupakan bagian dari media sosial yang mempunyai jangkauan melebihi batas administrasi suatu wilayah dan kecepatan penyampaiannya  dalam berbagai hal, sehingga keberadaan mereka sesungguhnya sangat penting bagi pemerintah daerah/kota untuk lebih mendekatkan berbagai program dan kebijakan serta mengetahui berbagai hal yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kesadaran pentingnya para blogger dan komunitasnya ditunjukkan pemerintah Kota Bekasi dengan memberikan dukungan yang luar biasa dalam berbagai yang acara yang diselenggarakan para blogger/komunitasnya, seperti kegiatan Amprokan Blogger, sehingga secara langsung sebenarnya Walikota Bekasi mengajak para blogger untuk mempromosikan Kota Bekasi dan yang dengan senang hati dilakukan para blogger beserta komunitasnya.

Keberadaan para blogger dan komunitasnya sebagai bagian dari media sosial di suatu daerah jika dapat didekati oleh pemerintah daerah (gubernur/bupati/walikota) atau dipandang sebagai bagian yang berperan dalam upaya kemajuan daerahnya tentu memberikan banyak peluang dan kesempatan yang dapat ditindaklanjuti untuk kepentingan bersama. Misalnya, persoalan sampah dan kebersihan kota, yang mungkin bagi media cetak lokal tidak begitu penting dijadikan berita, maka bagi para blogger dan komunitasnya hal itu penting karena mereka langsung berada pada lokasi di mana mereka tinggal. Begitu juga dengan mempromosikan daerah, yang mungkin jika melalui dinas terkait (pariwisata misalnya) ada berbagai keharusan aturan dan anggaran yang membuatnya tidak bisa bergerak dengan lentur dan cepat, sedangkan para blogger dan komunitasnya sebaliknya. Banyak hal yang terjadi dan ada di suatu daerah yang begitu saja terlewatkan dan tak terjamah jika hanya mengandalkan media cetak karena terikat dengan batasan ruang, tetapi melalui media sosial yang digeluti para blogger dan komunitasnya berbagai hal dari daerah meskipun kecil dapat menjadi berarti dan selanjutnya tersebar luas.

Oleh karena itu, pemerintah daerah/kota harus dapat menangkap peluang dan kesempatan dari keberadaan para blogger dan komunitasnya dengan cara mendekati dan menjadikan mereka sebagai bagian yang berperan penting dalam pembangunan dan kemajuan daerah. Dukungan yang sewajarnya (fasilitas) dan berkepentingan (khususnya pendanaan) pada kegiatan seperti Pesta Blogger+ Kalsel 2010 merupakan sebagai pengakuan pemerintah daerah/kota terhadap keberadaan media sosial. Apalagi kegiatan Pesta Blogger+ Kalsel 2010 akan dihadiri Duta Besar Amerika Serikat, yang menunjukkan suatu pengakuan eksistensi para blogger dan komunitasnya sebagai bagian dari  keberadaan media sosial. Sukses kepada penyelenggara kegiatan, mari merayakan keberagaman dalam kedamaian dan damai selalu.

(Radar Banjarmasin, 1 Oktober 2010: 3)

4 Responses

  1. Syukur acaranya sukses..

  2. Sorry, mo nanya kapan (bukan kotanya)dan dimana acaranya ? ada yg kurang infonya. thanks.

    • @Budi … maaf lupa menuliskan tanggalnya. Hari Sabtu, 2 Oktober 2010 (untuk kota Banjarbaru) … puncaknya di Jakarta tanggal 30 Oktober 2010 (kalau tidak salah di kawasan Kuningan Jakarta). Terima kasih sudah berkunjung.

  3. Salam persahabatan sebelumnya dari Blogger Borneo. Sekedar ingin menginformasikan mengenai kontes menulis blog “Blogger Borneo Writing Contest 2010” dengan tema Elok Negeri Khatulistiwa. Bagi siapa saja yang ingin mengikutinya silahkan membaca info lengkapnya di http://www.bloggerborneo.com/blogger-borneo-writing-contest-2010/. Trims…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: