MEDITASI RINDU


Bagaimana mungkin buku itu mengajakku bermeditasi? Dengan rindu pula ia suguhkan seperti tahu apa yang sedang bergemuruh di dalam dadaku. Aku tidak punya pilihan lain, buku itu mengajakku mengunyah-ngunyah juga membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, dan merenungkan; dengan sadar aku mulai duduk bersama buku itu dan memulai menjelajah cakrawala; kata yang sering disebutkan sebagai kata yang tak terjangkau luasannya. Lalu aku dituntun merasakan jalan-jalan sunyi yang tidak sebersitpun meniadakan diri dalam keterasingan. Jalan-jalan sunyi yang begitu bergemuruh dengan cinta dan keyakinan.

Aku mulai menyusuri jejak-jejak meditasi yang bertaburan rindu, relaksasi yang perlahan, terlibat meredakan beban-beban pikiran juga kecemasan, karena “bukankah duka tak seabadi hidup kita”*).

Mengatur napas yang terkadang berdegup kencang atau terbawa haru atau melemah letih, melihat duku dan bahagia, sunyi dan huru-hara, harapan dan keterpurukan, cinta yang bersajak-sajak menelan kata-kata, aku mulai hanyut dan menuju puncak yang terbentang dengan syahdu kau ajak; “(4) Mendaki, mendaki/Mendakilah!/Meditasi, meditasi/Meditasilah!/Hingga ke puncak zikir kembara/Telah engkau reguk kehidupan fana/Dengan linangan air mata/Telah engkau enyahkan kilau-kemilau/Dan kecemasan dunia/Menuju ketenangan maha sempurna.”**)

Selesai kubaca buku ini, aku kembali bertanya mengapa tidak dari dulu mengajakku bermeditasi, dalam kesedirian atau keramaian, kerinduan yang “terbata-bata kulafadzkan/tapi tak pernah kutamatkan”***), begitulah aku memilih jalan sunyi dengan meditasi rindu.

 

 

Meditasi Rindu, Micky Hidayat, Penerbit bukupop Jakarta, Cetakan I; Februari 2009. *) Hal. 17, **) Hal. 79, dan ***) Hal. 6

Leave a Reply

