PISTOL AIR


Aku sekilas melirik. Aku merasa ada yang aneh, seakan mengusik rasa ingin tahuku, dan aku tidak lagi melirik, malah langsung menatap ke arah rak-rak buku yang tadi sudah terlewatkan. Benar! Pistol itu mengarah kepadaku. Aku yakin jika tidak mungkin pistol itu meletus saat ada di belakangku. Apakah aku linglung*), ada yang menodongkan pistol dan aku malah tertawa, aku “Mengerti kalau hidup cuma sekali/Mengerti kalau sesudah tikungan itu/mungkin garis akhir duduk menanti/kita pura-pura tak kenal/berpikir mungkin ada yang tertinggal/dan berancang-ancang mengambilnya kembali”, dan ternyata aku “Terlambat. Musiknya sudah dimainkan/Riang, cepat, satir”.

Aku kembali tertawa, dan tertawa tidak sendirian ternyata, karena yang menodongkan pistol juga tertawa. Tak perlu kuceritakan tertawanya. Cukup tertawa saja. Bahkan dipersilakannya tertawa saja**). “Tertawalah!/Tertawalah!” sarannya begitu bersemangat dengan menambahkan “Engkau sungguh relijius”. Di bawah todongan pistol, aku tertawa, sungguh relijius yang memuncak.

Bagai terus ditodong pistol, aku membolak-balik lembar demi lembar sesuka-suka, kadang terbesit seperti ingin minta jatah***) apalah, namun ternyata dihadapkan pada igauan sendiri “Tuhan, Kau bangun kesiangan lagi!!”.  Lalu, keinginan minta jatah mengantarkan pada satwa yang dilindungi****) yang “Kini berkandang dalam manusia: korupsi”.

Akhirnya, aku mengambil kegembiraan hingga lembar terakhir. Pistol air! Bermain dengan bayangan masa anak-anak, mengapa aku harus serius menghadapi yang tidak pernah dirasakan sebagai ancaman ataupun tekanan. Menyegarkan. Pistol air membidik ke mana-mana dan ke berbagai hal. Begitulah parodi tentang orang yang ingin bunuh diri dengan pistol air(#). Tertawalah! Engkau sungguh religius.

 

(#) — Pistol Air (Kumpulan Puisi), M. Nahdiansyah Abdi, Penerbit Tahura Media Banjarmasin; Cetakan I, Juni 2008. *) Puisi Linglung, halaman 79; **) Puisi Tertawa Saja, halaman 13; ***) Puisi Minta Jatah, halaman 17; ****) Puisi Satwa yang Dilindungi, halaman 26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: